Cara Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Cara Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video - Video merupakan media penting yang biasa orang gunakan saat mengabadikan suatu kejadian atau peristiwa. Bukan hanya itu, banyak orang juga yang kini menjadikan video sebagai media pembelajaran maupun untuk kepentingan hiburan. Apalagi, video sekarang ini tidak perlu lagi diambil dengan kamera yang mahal, cukup dengan menggunakan smartphone kita bisa mengabadikan momen atau peristiwa yang sedang terjadi. Kualitas video yang diambil dari smartphone pun juga tidak kalah dengan video yang diambil dari kamera mahal. Namun, hal itu akan menyebabkan ukuran video tersebut semakin membesar sesuai dengan kualitas yang diatur saat merekam.

Satu hal lagi yang jadi masalah jika video yang kita rekam tersebut akan kita upload ke YouTube. Tentunya akan membutuhkan waktu yang lama karena ukuran dari video itu sendiri yang besar. Tapi tenang, bagi kalian yang mengalami masalah tersebut, saya punya solusinya, yaitu dengan melakukan kompres pada video tersebut. Tenang, hasil kompres-nya pun tidak akan mengurangi kualitas dari video tersebut. Sebuah software PC bernama Format Factory dapat melakukan kompres ukuran video tanpa mengurangi kualitas dari video itu sendiri. Silahkan download software Format Factory melalui link berikut :


Dan berikut adalah cara kompres ukuran video tanpa mengurangi kualitas video :

1. Install software Format Factory yang telah didownload dan buka, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.


2. Pilih format video, lalu klik 'Tambahkan File' dan pilih video yang ingin di kompres ukurannya.


3. Setelah video dipilih, klik 'Pengaturan Keluaran', lalu pilih kualitas video seperti pada gambar (saran saya pilih 360p) lalu klik OK.


4. Setelah disetting, klik OK lalu klik 'Mulai' yang ada dibagian atas. Tunggu kompres video selesai dan hasil video yang sudah dikompress bisa dilihat di folder 'FFOutput'.


Sekian dan semoga bermanfaat :)
Previous
Next Post »